Monday, December 31, 2007

pesta kembang api

pergantian tahun selalu diselenggarakan secara meriah setiap tahunnya di kota rotterdam. selain kota ke-2 terbesar di belanda, rotterdam juga merupakan kota yang berpenduduk warga negara asing terbanyak di negeri belanda. ada lebih dari 200 kewarganegaraan. meskipun rotterdam sudah tidak lagi menjadi kota pelabuhan terbesar di dunia (diukur dari banyaknya ton barang yang hilir-mudik) tapi teteb jadi kota pelabuhan terpenting buat negeri belanda dan benua eropa. eniwei, jadiii... pergantian tahun itu menurut orang2 yang tinggal di kota rotterdam (khususnya) en kota2 besar lainnya di belanda: puenting buanged.

tahun pertama gue disini, sumprit gue terkagum2 ngeliat itu pesta kembang api. ya ampuuun... waktu itu, kita ngeliatnya dari flat mertua. karena mereka tinggal di lantai 14. sejawuh mata memandang yang keliatan cuma cantiknya kembang api disusul bunyi2 petasan. bagus banged deh. tapi suara petasannya bikin suasana seperti di medan perang. bukan bearti gue pernah ke medan perang... kayak medan perang yang sering gue liat di pelem2. trus langit sampe teraaaang banged karena kembang api susul-menyusul gak brenti.

tahun kedua, gue lagi hamil tua. bawaannya bete. pengen tidur gak bisa karena (tiap tahun) pesta kembang api dimulai tepat jam 00.00 sampe... jam 5 subuh. buseeeeet!!!!! tuh orang2 kok pada betah ya, mana dinginnya gak kira2.

tahun ketiga, linda udah lahir. khawatir banged kalo linda sampe gak bisa tidur. soalnya gue udah tau, tetangga belakang rumah, (tiap tahun) pasti masang kembang api eeen... petasan+mercon dll... brisiknya bukan main. enggak hanya itu, semua jendela2 sampe lubang angin yang sekecil apapun kudu ditutup rapet2! kalo enggak bau mesiunya masuk, nyebelin!

tahun ke-empat yaitu tahun ini... linda udah gedean, bentar lagi jarig yang ke-2. dia ikutan nongton tipi sampe jam 23.30 abis itu jatuh ketiduran dengan suksesnya di sofa. bingung kali ya, kok kali ini gak disuruh2 tidur sih? tapi emang disengaja, mo ngasih liat kembang apinya. meskipun akhirnya linda udah ketiduran, tapi dia sempet juga liat kembang api, karena banyak juga orang2 yang udah pada gak sabar nungguin jam 24.00 linda lumayan tertarik, tapi cuman sebentar abis itu main yang lain.

tahun ini, pesta kembang api berakhir cepat. jam 2 udah selesai. duh senangnya... trus bisa langsung tidur deh. entah kenapa gitu. padahal menurut laporan di tipi, pembelian kembang api, petasan, merson, dll tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. heran gue, kok mau2nya orang2 itu buang2 duit eh bakar2in duit buat kembang api doang. yang pasti si kabut tebal datang lagi. cerita tentang kabut tebal yang lain bisa dibaca disini.

kabut malem itu emang tebel banged, sampe2 kita enggak bisa liat kembang api dengan jelas. kadang malah cuman suaranya aja yang kedengeran. sayang kelupaan dipoto si kabut. gue enggak nyangka banged kalo jam 2 udah sepi.

ini foto2 kembang api diambil dari balkon belakang. yang masang tetangga belakang. udah tradisi juga, mereka tuh pasti pasang petasan rentet, seperti petasan yang suka kita liat di pelem2 silat cina. mereka pasang dari tiang lampu ke pohon, haduh brisiknya gak tanggung2. tapi mereka tertib deh, paginya mereka langsung nyapu seluruh pelataran sampe bersih. sementara tetangga depan, idih zoroknya gak kira2, bekas2 petasan+kembang api penuh di parkiran mobil.Cuek aja mereka. payah deh.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker Daisypath Next Anniversary PicDaisypathNext Anniversary Ticker Lilypie Expecting a baby Ticker