Saturday, March 03, 2007

Guppy 1

pertama gue jelasin dulu apaan tuh guppy 1. guppy tuh tingkatan renang pemula untuk anak2 di belanda. untuk tingkatan guppy, anak yang boleh ikutan mulai dari umur 2 bulan s/d 2 tahun. terdiri dari guppy 1, guppy 2 dan guppy 3. setelah lulus semua itu, bisa naik ke tingkat puppy. di tingkat puppy anak belajar renang tanpa keikut-sertaan orang tua lagi (di kolam). setelah itu baru certifikat renang yang sesungguhnya yaitu certifikat abc.
pada dasarnya renang di tingkat guppy itu untuk memperkenalkan "dunia air" ke anak. sehingga anak enggak takut sama air. main kecipak-kecipuk air, berenang dengan keseluruhan kepala di bawah air, melihat di bawah air. mengapung di air pada dada, pada punggung dan berputar2 di air. anak juga diajarkan untuk melompat ke air, naik ke pinggir kolam kemudian kembali melompat terjun tanpa rasa ragu dan takut.
hari ini linda ujian renang untuk ngedapetin certifikat guppy 1.
en dia lulus! horeee.....



ini foto linda sama pappa en pelatihnya (namanya petra), plus certifikat renang 'guppy 1'.

berikut foto2nya, pertama yang dicek adalah takut gak sama air.
lalu dimulai dengan:

terjun ke air, tentunya bersama orang tuanya, tadi vik yang nemenin linda. liat tuh gayanya linda, sebelon terjun, liat ke belakang dulu ah...


vik sambil megangin linda di keteknya, jalan di air. linda diputar2 di permukaan air, dari dada-ke-punggung dan sebaliknya.


trus masuk ke dalam air minimal kedalaman 1 meter, total sebanyak 3 kali. tapi gak langsung berturut2. di foto ini linda en vik paling kanan, lagi ada di dalam air.


lalu terapung di air (sambil dipegangin), terapung pada dada dan pada punggung. masing2 sekitar 10 detik.


terakhir, berenang di dalam air melewati rintangan sambil dipegangin. di sisi sebelah sana, disambut sama pelatihnya.

setelah ini ikut les untuk persiapan guppy 2. kurang lebih sama seperti guppy 1 tapi tentunya lebih 'berat' lagi. contohnya pada saat berenang di dalam air, enggak dipegangin lagi tapi udah dilepas. terjun dari tepi kolam ke air tanpa dipegangin lagi. intinya sih mulai mandiri, tanpa dipegangin lagi. nah guppy 3, mulai belajar pake gerakan kaki en tangan. trus juga berada di air dengan memakai kaos t-shirt. kenapa pake t-shirt? untuk latihan survival. berenang dengan memakai t-shirt tentu lebih sulit ketimbang pake pakaian renang.
wuiiiiih.... hebat gak tuh? kurikulum renang ini untuk anak s/d umur 2 tahun lho...

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

duh linda hebat banget sih...
auntie kalah berat nih
ada gak klas guppy buat auntie..?
hehehe

kaka, juga udah mulai dikenalin sama kolam renang. tapi dia blom brani, gak didarat dak di aer kaka emang lama adjust sama hal yang baru

tapi giliran dirumah aja
kaya cacing kepanasan..
jagoan kandang abis

nanti kalo linda maen ke kampuang halaman mama, ajarin kaka brenang ya..mamanya juga pengen ikutan blajar..hehe

Monday, April 16, 2007 10:58:00 AM  

Post a Comment

<< Home

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker Daisypath Next Anniversary PicDaisypathNext Anniversary Ticker Lilypie Expecting a baby Ticker