Tuesday, February 13, 2007

Zesde Ziekte

baby linda sakiiiit... duh kasian deh.
hari kamis malem (kira2 jam 2) tau2 linda nangis kenceng. duh dapa-napa ya? biasanya sih kalo nangis kenceng gitu karena mimpi, ato giginya sakit karena mo tumbuh. pas ditengok... ya tuhan, badannya panas banget, udah kayak bara. apa karena disini lagi musim dingin jadi terasa lebih panas gitu? langsung deh gue paniek. ngebangunin vik, nanya gimana baiknya. vik bilang: tenang, pertama kita ukur dulu berapa tinggi panasnya. setelah di-temp, panasnya 39,4 derajat celcius. gak usah panik, kata vik, gpp kok. u-uh, anak udah 39,4 kok gpp, gimana sih, kalo stuip (baca: step) gimana, kalo ada yang infeksi gimana, kalo dia kesakitan gimana, tau darimana kita, yang ada tengah malem buta gue ngomel2. malem itu linda langsung kita kasih parasetamol 120mg.
hari jumatnya, pagi2 gue telpon huisart (=dokter keluarga, bacanya haus-art). fyi, disini setiap keluarga, punya huisart yang arti harafiahnya dokter rumah. kita juga enggak bisa milih sesuka hati mau ke huisart yang mana, karena itu ditentukan secara wilayah. huisartnya bilang: gpp, pasti demam 3 hari sampe hari minggu, sementara kasih aja parasetamol kalo panas lagi, pokoknya max. 3 tablet perhari. dah gitu doang (kalo gitu doang mah gue juga bisa deh jadi huisart!). seharian linda lesuuuu banget, gak mau main2. maunya dipelukan mamma aja, ngelendot aja, pokoknya gak mau ngapa2in. suhu badannya masih panas, jadi masih kita kasih parasetamol. tapi masih mau makan dikit2 en minum susu masih oke.
hari sabtu, sami mawon sama hari jumat. enggak tambah parah, tapi juga gak makin baik. sorenya opa rinus en oma lennie dateng jenguk pake bawa kado. linda sempet main2 sama kado barunya yaitu radio2an winnie de poeh. malemnya (=tengah malem) ada "extra", kebangun beberapa kali en hanya mau tidur lagi kalo dipeluk mamma en posisi mamma juga kudu duduk. walah! alhasil gue jadi zombie!
minggu pagi, masih panas dikit, langsung gue hajar parasetamol. abis itu, seakan2 linda dah sembuh. panasnya ilang sama sekali. tapi rewelnya teteeeeeb... malah semakin menjadi2. sekarang pake acara enggak mau makan. ngeliat gelagatnya sih kayaknya masih ada apa2nya nih. minggu sore, keluar merah2 dipaha bagian atas. kata vik: itu eksimnya kali. kan linda emang kena autopisch exceem. gue bilang bukan, biasanya eksim itu adanya di lipatan2. karena gue gak yakin itu eksim ato bukan, jadinya gue juga enggak ngasih krem eksim (yang didapet dari dokter kulitnya). duh seneweeeeen banget deh!
meskipun begitu, hari senin gue serahkan pengurusan linda ke vik, soalnya ikke ikut kursus kue fondant (seharian) sama debbie brown (baca cerita: fondant met debbie brown). bis mo gimana lagi, kursus dah dibayar (135euro pulak harganya!) eniwei linda dah gak panas kok badannya (mencoba menghibur diri). selama kursus hp teteb on, meskipun dihimbau secara tegas, hp harap dimatikan. tapi selama kursus enggak ada telpon dari vik sama sekali. lumayan lega. pulang kursus sambil terbangga2 bawa kue fondant hasil bikinan sendiri (untuk yang pertama kalinya). begitu pintu dibuka, disambut vik sambil ngendong linda, lindanya langsung ngeeeeeeek....... rengekannya keluar! padahal vik laporan: linda baik banget hari ini, anak manis banget, meskipun masih enggak mau makan, tapi dibujuk2 masih mau dikit2. udah (kayak) normal deh. udah mau main2. en sama sekali enggak zeurderig (=rewel). tapiiiiii.... begitu ngeliat mammanya di pintu... buset! mamma's kindje kata vik, artinya anak mamma (banget). pas mandiin linda, gue perhatiin merah2 di badannya makin banyak tuh, sekarang malah menjalar naik ke perut, badan, dada en punggung bagian bawah. gue memutuskan pokoknya besok kudu ke dokter!!!
besoknya ternyata merah2 tsb dah sampe pipinya. pertama2 gue telpon dermatolognya. tapi susternya (setelah denger cerita penjelasan gue) menganjurkan untuk kontak huisart aja. so gue telpon huisart (yang menyebalkan itu). dapet janji jam 16.10 trus telpon vik untuk ngasih tau dapet janji dokter nanti sore, harap pulang tepat waktu. selasa siangnya gue telpon2an sama mamak gregory, biasaaa tuker2an cerita tentang anak en perkembangannya. trus mamak gregory nyari2 di buku pinternya dia (buku tentang kesehatan anak), ternyata kemungkinannya linda sakit zesde ziekte. gejalanya sama persis seperti yang linda alami. tapi... sakit apa pulak tuh?!?!?!
sorenya ke dokter, ternyata bener, penyakit linda disebutnya zesde ziekte, harafiahnya bearti sakit yang ke-6. idih... kok sakit yang ke-6 sih? ternyata jenis2 penyakit anak di belanda tuh dikasih nomer. yang pertama: rodehond (harafiahnya anjing merah) kalo di indonesia: rubella/campak jerman. trus ke-2 mazelen, indonesianya: campak, inggrisnya: measles. ke-3 waterpokken, indonesianya cacar air, inggrisnya chicken poc. ke-4 kinkhoest = batuk rejan, ke-5 latinnya erythema infectiosum, gue gak tau indonesianya apaan, inggrisnya slapped cheek. nah ke-6nya ya yang diderita linda sekarang, nama latinnya: roseola infantum. selain itu masih ada lagi penyakit2 lainnya seperti: bof (gondok), sakit tangan-kaki-mulut, dll. semua info itu gue dapet dari internet (hidup inet!!!).
jadi sekarang dah lumayan lega lah. udah tau kira2 berapa lama linda bakalan rewel2, berapa lama lagi tuh merah2 bakalan ilang. mudah2an gak lama ya nak ya, trus abis ini (moga2) linda bisa jalan deh!
trimakasih buat oma lucy di jakarta yang selalu bawa linda dalam doanya, buat mamak gregy yang udah jadi tempat curhatan en ci hwa di surabaya atas doa untuk kesembuhan linda, juga buat tante emink di jakarta.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker Daisypath Next Anniversary PicDaisypathNext Anniversary Ticker Lilypie Expecting a baby Ticker